Saturday, September 26, 2015

Sekilas Hukum Waris.


            Bicara tentan Islam, maka kita akan membicarakan hokum dan perintah dan larangan. Karena itulah Islam itu indah. Islam selain memberikan larangan juga memberikan solusi yang pasti sebagaimana yang telah kita bahas beberapa hari yang lalu. Semua dibalik larangan pasti ada mudharatnya, semua yang wajib pasti aka nada hikmah yang luar bisa disana. Karena itulah Islam diidentik dengan keindahan. Islam itu Indah.
            Ketika kita membicarakan Alkohol kemarin yang dilarang dalam Islam, ternyata dalam Alkohol itu sangat berbahaya bagi manusia. Ketika kita bicara akan pasti yang akan terbesit dalam diri kita Islam tidak adil apakah benar demikian? Salah! Bagi kita yang salah, namun pernah lihat wacana Draf undang-undang tentang kesetaraan gender di Indonesia. Yang mengatakan hokum waris bagi tidak adil dalam Islam sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an:
y7tRqçFøÿtGó¡o È@è% ª!$# öNà6ÏFøÿムÎû Ï's#»n=s3ø9$# 4 ÈbÎ) (#îtâöD$# y7n=yd }§øŠs9 ¼çms9 Ó$s!ur ÿ¼ã&s!ur ×M÷zé& $ygn=sù ß#óÁÏR $tB x8ts? 4 uqèdur !$ygèO̍tƒ bÎ) öN©9 `ä3tƒ $ol°; Ó$s!ur 4 bÎ*sù $tFtR%x. Èû÷ütFuZøO$# $yJßgn=sù Èb$sVè=V9$# $®ÿÊE x8ts? 4 bÎ)ur (#þqçR%x. Zouq÷zÎ) Zw%y`Íh [ä!$|¡ÎSur ̍x.©%#Î=sù ã@÷WÏB Åeáym Èû÷üus[RW{$# 3 ßûÎiüt6ムª!$# öNà6s9 br& (#q=ÅÒs? 3 ª!$#ur Èe@ä3Î/ >äóÓx« 7OŠÎ=tæ ÇÊÐÏÈ  
Artinya: Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah).  Katakanlah: "Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu): jika seorang meninggal dunia, dan ia tidak mempunyai anak dan mempunyai saudara perempuan, Maka bagi saudaranya yang perempuan itu seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mempusakai (seluruh harta saudara perempuan), jika ia tidak mempunyai anak; tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, Maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan oleh yang meninggal. dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki dan perempuan, Maka bahagian seorang saudara laki-laki sebanyak bahagian dua orang saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, supaya kamu tidak sesat. dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu. (QS. An-Nisa: 176)
            Menurut ayat diatas apakah hokum waris dalam Islam adil atau tidak? Tidak! Makanya itu ada wacana agar umat Islam tidak mau menegakkan Syariat Islam, karena dalil mereka Islam tidak adil. Islam itu sangat adil, dalam hal waris ini. Tidak perlu diragukan lagi sesuatu yang tetapkan oleh Allah itu pasti pas dan sesuai dengan kemauan kita. Yang menjadi tangungan hak-hak hidup atas wanita itu adalah laki-laki. Maksud saya, semua materialis tangungan laki-laki kepada perempuan. Istri yang cari nafkah suami.
            Maka dari itu Islam sangat adil. Kita misalkan saja ada seorang yang meninggal dunia seperti dalam ayat diatas. Laki-laki mendapat seluruhnya sedangkan perempuan hanya mendapatkan superempat. Jika ada uang 200 ribu rupiah anda di kasih 50 ribu sang laki-laki mendapat 150 ribu, tetapi uang anda itu yang 50 ribu utuh untuk anda semua. laki-laki yang mendapatkan 150 ribu itu memiliki tangungan rumah tangga untuk anda juga masalah didalamnya. Uang 150 ribu itu untuk tangungan keluarga yang ditinggal. Jadi 150 ribu kira habis dalam satu hari untuk dibelanjakan.
            Jadi anda yang mendapatkan 50 ribu tidak ada tangungan apa-apa selain untuk dirimu sendiri, anda bisa menyimpannya. Bisa memakai sesuka anda tetapi sang laki-laki tidak bisa demikian. Sekarang anda memilih 50 ribu atau 150 ribu yang banyak tanggungan. Tentu semua orang akan memilih opsi 50 ribu tampa tangungan. Inilah keindahan Islam, hokum dalam Islam itu jelas. Adil walau ketika kita lihat secara kasat mata tidak adil, tetapi Allah maha mengetahui segalanya.
            Coba jika di bagi rata sama mendapatkan 100 ribu, kira adil atau tidak . tentunya tidak adil laki memilik tangungan rumah tangga, sedangkan wanita tidak. Oleh karena itu pembagian waris dalam Islam sempurna. Tidak ada yang tidak setuju. Untuk itu, jika ingin adil dan Indah maka cukup untuk menerapakan syariat Islam.




SHARE THIS

Author:

Penulis merupakan penulis bebas dan juga penggiat blockchain dan Cryptocurrency. Terima Kasih sudah berkunjung ke Blog Saya, bebas copy paste asal mencantumkan sumber sebagaimana mestinya.

0 comments: