Sunday, November 29, 2015

Bantu Ekonomi Warga Sekitar, Kegiatan Pilah Sampah di Bank Sampah Safa Mandiri


PHTO0257.JPG
BERITA BEKASI – Fenomena sampah di kota –kota besar menjadi pusat perhatian semua kalangan. Apalagi melihat sampah plastic yang banyak memberikan dampak terhadap vulome sampah di beberapa lingkungan perkotaan. Belum lagi model pengelolaan sampah yang secara tradisional masih dilakukan dengan cara kumpul angkut buang, membakar sampah atau membuang sampah semberangan tempat, Minggu (29/11/2015)
Tidak heran, kalau musim hujan tiba saluran air di kali sungai yang seringkali menimbulkan bencana banjir dan menimbulkan pencemaran lingkungan dan menggangu kesehatan masyarakat. Padahal kalau kita berpikir dan jeli sampah bisa menghasilkan rupiah dengan cara memilah sampah sesuai dengan jenisnya. Diantaranya sampah Organic dan Non-Organic.
PHTO0298.JPGKelurahan Marga Mulya Bekasi Utara tepatnya di Jalan Perjuangan RT01/RW01 No.37 berdiri bank sampah namanya Bank Sampah “Safa Mandiri” yang setiap hari sabtu adalah jadwal penimbangan dan pemilahan sampah, terlihat tidak hanya orang-orang tua atau pengurus bank sampah terlibat dalam proses pemilahan sampah tetapi anak-anak mereka juga antusias membantu. Bank sampah Safa Mandiri  yang  menggulirkan program pemilahan sampah. Program ini diharapakan untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi warga sekitar.
Menurut Deirektur Bank Sampah Safa Mandiri Ahmad Dahlan pengolahan sampah dengan daur ulang adalah salah satu cara mengatasi vulome sampah yang selama ini cukup menjadi masalah.  Sampah yang telah dipilah kemudian dikumpulkan dan di bawa ke lapak-lapak terdekat yang mereka berhubungan dengan pabrik untuk jadikan barang baru.
PHTO0300.JPGProgram bank sampah ini adalah program Pemerintah Kota Bekasi yang harus kita dukung serta mengajak kita semua untuk mengurangi volume sampah dengan prinsip 3R (reduce,reuse, recycle). Reduce yaitu segala aktivitas yang mampu mengurangi dan mencegahnya timbulnya sampah. Reuse yaitu kegiatan penggunaan kembali sampah yang layak pakai untuk fungsi yang sama atau yang lain.
Sementara Recycle adalah kegiatan mengolah sampah untuk dijadikan produk baru. Sehingga dengan keberadaan bank sampah adalah satu upaya untuk mengatasi permasalahan sampah. (Pujut Dahlan) Sumber

SHARE THIS

Author:

Penulis merupakan penulis bebas dan juga penggiat blockchain dan Cryptocurrency. Terima Kasih sudah berkunjung ke Blog Saya, bebas copy paste asal mencantumkan sumber sebagaimana mestinya.

0 comments: