Wednesday, January 6, 2016

Hindari Bahaya Klorin, YLKI Sarankan Penggunaan Pembalut Kain


Hindari Bahaya Klorin, YLKI Sarankan Penggunaan Pembalut Kain

JakartaCNN Indonesia -- Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) baru saja meluncurkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa sembilan merek pembalut mengandung zat klorin yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Bahaya iritasi hingga kanker pun mengintai perempuan Indonesia jika salah memilih pembalut ketika datang bulan. 
Untuk menghindari bahaya tersebut, Ketua Harian YLKI, Tulus Abadi, menyarankan agar masyarakat mulai kembali menggunakan pembalut kain.

"Zat klorin tidak ditemukan dalam pembalut kain. Selain itu, pembalut kain juga bisa dipakai ulang dan dicuci kembali. Tingkat keamanannya jangka panjang," ujar Tulus dalam jumpa pers di Kantor YLKI, Jakarta, Selasa (7/7).

Selain itu, pembalut kain juga ramah lingkungan karena tidak menyebabkan pencemaran. "Salah satu pencemar tertinggi di Indonesia adalah pembalut. Dalam satu bulan saja ada 1,4 miliar sampah pembalut. Pembalut kain tentu tidak menyebabkan pencemaran karena dapat dipakai ulang," kata Tulus.
Namun, menurut Tulus, masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan pembalut kain. "Ada yang takut tembus, ya bisa pakai yang dobel. Asal dicuci bersih pasti tidak akan ada iritasi," ucap Tulus.

Menurut Tulus, keluhan iritasi justru lebih banyak dilontarkan oleh konsumen produk pembalut kapas yang banyak beredar di pasaran. YLKI pun menggagas sebuah penelitian akibat banyaknya laporan tersebut.

Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa pembalut yang mengandung klorin paling banyak adalah merek CHARM dengan 54,73 ppm. Menyusul di belakang CHARM, Nina Anion menempati posisi kedua dengan kandungan klorin sebanyak 39,2 ppm.

Merek My Lady berada di posisi ketiga dengan kandungan klorin 24,4 ppm dan menyusul di bawahnya VClass Ultra dengan 17,74 ppm. Sementara itu, Kotex, Hers Protex, LAURIER, Softex, dan SOFTNESS juga masuk dalam daftar dengan kandungan klorin 6-8 ppm.

Selain pembalut, kandungan klorin juga ditemukan pada tujuh merek pantyliner, yaitu V Class, Pure Style, My Lady, Kotex Fresh Liners, Softness Panty Shields, CareFree superdry, LAURIER Active Fit.

Peneliti dari YLKI, Arum Dinta, menuturkan bahwa klorin sangat berbahaya bagi kesehatan reproduksi. Selain keputihan, gatal-gatal, dan iritasi, klorin juga dapat menyebabkan kanker.

Mengamini pernyataan Arum, Tulus berkata, "Klorin itu terdapat dalam dioksin yang bersifat karsinogenik. Menurut WHO, ada 52 juta berisko terkena kanker serviks, salah satunya dipicu oleh zat dalam pembalut." Sumber: CNN Indonesia
kebetulan kami menyediakan pembalut tanpa efek samping dengan bahan dasar kain. Bisa di cuci kembali yang tentunya Hemat, Aman, Nyaman, dan Ramah Lingkungan. Produk Sofdry, bisa digunakan multi fungsi. harga perset Rp.60.000; yang berminat hubungi: 085359021647.

SHARE THIS

Author:

Penulis merupakan penulis bebas dan juga penggiat blockchain dan Cryptocurrency. Terima Kasih sudah berkunjung ke Blog Saya, bebas copy paste asal mencantumkan sumber sebagaimana mestinya.

0 comments: